PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU SOSIOLOGI DI SMA RANGGONG DAENG ROMO KABUPATEN TAKALAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2535
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Guru Sosiologi di SMA Ranggong Daeng Romo Kabupaten Takalar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 73 orang dan sampel penelitian sebanyak 73 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persentase pencapaian skor sebesar 63,72% berada dalam rentang 56% - 75% yang menunjukkan bahwa tingkat persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru sosiologi di SMA Ranggong Daeng Romo Kabupaten Takalar berada dalam kategori Cukup Baik dengan indikator keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan.
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Keterampilan Mengajar Guru Sosiologi
Article Metrics
Abstract view : 126 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.