PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 ALLA KABUPATEN ENREKANG

Riska .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2534

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah dekskriftif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Alla dan sampelnya adalah 25% dari populasi yaitu sebesar 34 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif  yaitu persentase dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji korelasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang dengan pencapaian nilai korelasi (r) sebesar 0,430 yang  berada pada Kategori Sedang. Untuk uji normalitas, diperoleh data yang menunjukkan bahwa dukungan orang tua sebesar 0,499 dan prestasi belajar sebesar 0,385. Karena kedua variabel tersebut lebih besar dari 0,05 maka data tersebut dinyatakan normal. Untuk menguji hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.

Kata kunci : Dukungan Orang Tua, dan Prestasi Belajar 


Article Metrics

Abstract view : 959 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.