KEMAMPUAN GURU SOSIOLOGI DALAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI SMA PESANTREN MODERN TARBIYAH KABUPATEN TAKALAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2526
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru sosiologi dalam menguasai model pembelajaran berbasis e-learning didapat dari hasil belajar sendiri dan pelatihan ICT. Serta menjadikan e-learning sebagai sumber belajar dan penyusunan administrasi pembelajaran. Faktor-faktor yang mendorong dalam pengimplementasian model pembelajaran berbasis e-learning yaitu kurangnya bahan ajar yang disediakan pada buku teks, pendalaman pada substansi materi pelajaran, adanya tuntutan professional serta adanya dorongan untuk menciptakan pembelajaran yang variatif serta membantu siswa untuk melek IPTEK, sedangkan faktor penghambatnya yaitu jumlah perangkat e-learning terbatas, ketidakstabilan jaringan internet dan aturan yang tidak memperbolehkan siswa SMA Pesantren Modern Tarbiyah Kabupaten Takalar membawa laptop sendiri.
Kata Kunci : Kompetensi Guru, E-learning
Article Metrics
Abstract view : 136 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.