PENGARUH MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP TINGKAT KEBERHASILAN BELAJAR SOSIOLOGI DI SMAN 1 WATANSOPPENG

Elvirawaty .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2525

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor sosial dan non sosial secara bersama-sama terhadap tingkat keberhasilan belajar sosiologi di SMAN 1 Watansoppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI IPS SMAN 1 Watansoppeng dan sampelnya adalah 15% dari jumlah populasi atau sebesar 70  siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dikumpulkan dan diolah dengan menggunakan SPSS 20 dengan analisis uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, uji homogenitas, regresi linier sederhana, korelasi, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan koefisien korelasi nilai (r) sebesar 0,701. Hal ini berarti motivasi belajar ekstrinsik mempunyai pengaruh yang kuat terhadap tingkat keberhasilan belajar sosiologi di SMAN 1 Watansoppeng. Dan koefisien determinasi atau R-square ( ) sebesar 0,492 atau 49,2% yang berarti pengaruh motivasi belajar ekstrinsik sebagai variabel bebas (X) terdapat tingkat keberhasilan belajar sosiologi sebagai variabel (Y) adalah sebesar 49,2 persen dan sisanya 50,8 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Motivasi Ekstrinsik dan Tingkat Keberhasilan Belajar


Article Metrics

Abstract view : 116 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.