PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 1 ALLA KABUPATEN ENREKANG

Armia .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2523

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI  dan XII IPS. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis presentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang dengan pencapaian skor presentase 82,59% yang berada pada rentang 76 persen - 100 persen dikategorikan berperan baik dengan tujuh indikator diantaranya: peran guru sebagai sumber belajar, sebagai fasilitator, sebagai pengelola, sebagai demonstrator, sebagai pembimbing, sebagai motivator, dan sebagai evaluator.

 

Kata kunci : Peran Guru, Belajar dan Prestasi Belajar Siswa


Article Metrics

Abstract view : 1217 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.