Peranan Pondok Pesanteren An Nahdlah Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Karakter Kepada Masyarakat Di Kelurahan Layang Kota Makassar

Alif Ilman Mansyur(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.2521

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan pondok pesanteren an nahdlah dalam mewujudkan pengembangan olah hati, olah rasa, olah pikir dan olah raga sebagai ruang lingkup pendidikan karakter masyarakat di Kelurahan Layang Kota Makassar. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, untuk mengeksplorasi dan mengklasifikasi suatu fenomena atau kenyataan sosial di masyarakat dengan cara mendeskripsikan sejumlah variable yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti. Adapun Wawancara dilakukan dengan menarik sample secara purposive sampling. Dengan tehnik pengumpulan data yakni dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi.

Setelah mengumpulkan data dari berbagai sumber, penulis menganalisa, menyeleksi dan menyusun sesuai dengan sub masalah yang telah dirumuskan. Penulis menarik kesimpulan bahwa Pondok Pesantren An Nahdlah memainkan peran yang penting dalam menciptakan tatanan masyarakat yang berarakter dan agamis di Kelurahan Layang. Hal ini dapat dilihat pada maksimalnya peranan pondok pesantren An Nahdlah dalam mewujudkan pendidikan karakter dengan mengedepankan empat hal yakni Olah Pikir, Olah Hati, Olah Rasa dan Olah Raga kepada masyarakat dengan indikasi adanya perubahan-perubahan sosial yang secara signifikan memperlihatkan betapa besar peranan lembaga pendidikan tersebut dalam menciptakan kondisi masyarakat yang seluruh aspek kehidupannya berdasar pada nilai-nilai ilahiyah dan berkarakter dengan dasar pendidikan karakter kepada masyarakat. Dengan kata lain, dalam hal ini lembaga pendidikan Pondok Pesantren mampu membina santri dan mampu mempertahankan eksistensinya di masyarakat dengan sangat baik.

Kata Kunci: Pondok pesantren, pendidikan karakter


Article Metrics

Abstract view : 166 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.