PERAN PENGGUNAAN HANDPHONE ANDROID TERHADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII SMA NEGERI 22 MAKASSAR

Rismawati .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2380

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran penggunaan handphone android terhadap hasil belajar kelas XII SMA Negeri 22 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 22 Makassar. Jumlah informan sebanyak 18 orang. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purvosive sampling dengan kriteria yang digunakan adalah siswa yang menggunakan handphone android dan memiliki hasil belajar yang tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penggunaan handphone android terhadap motivasi belajar siswa kelas XII SMA Negeri 22 Makassar yaitu sebagai media komunikasi, mencari informasi yang cepat, aplikasi digunakan untuk mempermudah proses belajar mengajar, menghilangkan kejenuhan atau stress.
Kata Kunci: Peran Penggunaan Handphone Android, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.