SISTEM PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU SOSIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 MANIANGPAJO KABUPATEN WAJO

Muhammad Ferdhy Asdana(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2378

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi oleh guru Sosiologi dalam menerapkan sistem pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo serta upaya-upaya guru Sosiologi dalam menerapkan sistem pengelolaan kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan penarikan informan menggunakan purposive sampling dengan kriteria guru mata pelajaran Sosiologi dan siswa yang menjabat sebagai ketua kelas (kelas XI-XII) di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo. Informan sebanyak 10 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem pengelolaan kelas di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo sejauh ini sudah diterapkan secara rutin dan berjalan cukup efektif. Meskipun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada beberapa kendala dan halangan yang dihadapi oleh para guru Sosiologi di lapangan. Kendala-kendala tersebut berasal dari beberapa faktor baik faktor internal maupun faktor eksternal, diantaranya kurangnya dukungan orang tua terhadap peningkatan kualitas pendidikan anak, kurangnya ruang atau media pembelajaran untuk bidang studi Sosiologi, kurangnya rasa semangat dan senang siswa dalam mengikuti pembelajaran Sosiologi, serta belum maksimalnya konsentrasi dan keaktifan siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Para guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Maniangpajo Kabupaten Wajo telah berupaya maksimal dalam menerapkan sistem pengelolaan kelas demi peningkatan prestasi belajar siswa. Upaya-upaya atau cara yang telah dilakukan dapat diklasifikasikan kedalam lima bentuk strategi atau upaya, yaitu (1) manajemen administrasi kelas, meliputi perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, pengarahan kelas, koordinasi kelas, komunikasi kelas, dan kontrol kelas. (2) manajemen operatif kelas, meliputi tata usaha kelas, perbekalan kelas, kegiatan keuangan kelas, pembinaan personal kelas, hubungan masyarakat di lingkungan sekolah, serta memperbaiki kepemimpinan wali/guru kelas. (3) penataan ruang kelas, meliputi penataan ruang atau lingkungan pembelajaran. (4) pengelolaan perilaku siswa, meliputi tingkah laku dan sikap siswa dirumah dan disekolah. (5) penerapan strategi pembelajaran.
Kata Kunci: Sistem Pengelolaan Kelas


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 272 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.