STUDI KOMPARATIF PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK DAN GURU YANG BELUM BERSERTIFIKAT PENDIDIK DI SMA NEGERI 2 PAREPARE

Kiki Reski(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2374

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik di SMA Negeri 2 Parepare. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang terdapat di SMA Negeri 2 Parepare yang berjumlah 61 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 30 orang, 15 diantaranya guru yang bersertifikat pendidik dan 15 guru yang belum bersertifikat pendidik. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif dan signifikan pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik di SMA Negeri 2 Parepare. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil analisis data dengan menggunakan uji t dan diperoleh nilai t hitung sebesar -3,628 dan t tabel sebesar 2,14 yang dapat dijelaskan oleh variabel pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik. Oleh karena itu, H0 ditolak yaitu tidak terdapat perbedaan pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik dan H1 diterima yaitu terdapat perbedaan pelaksanaan penelitian tindakan kelas pada guru bersertifikat pendidik dan guru yang belum bersertifikat pendidik di SMA Negeri 2 Parepare.
Kata Kunci: Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Sertifikat Pendidik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 264 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.