PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS III SMA NEGERI 1 KAJUARA

Fardi Sentosa(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2368

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS III SMA Negeri 1 Kajuara.Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif, yaitu penelitian yang menggambarkan kedisiplinan guru terhadap peningkatan motivasi belajar di kelas XI IPS III SMA Negeri 1 Kajuara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas XI IPS III SMA Negeri 1 Kajuara dan sampelnya adalah keseluruhan dari jumlah populasi itu sendiri yaitu sebanyak 37 orang siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Data kuantitatif yaitu data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistic deskriptif yaitu presentasi dan analisis statistic inferensial yaitu uji normalitas, uji korelasi dan uji regresi dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan guru dan pengaruhnya terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS III SMA Negeri 1 Kajuara dengan uji normalitas, diperoleh data yang menunjukkan bahwa kedisiplinan guru sebesar 0,372 dan motivasi belajar siswa sebesar 0,237. Karna kedua variabel tersebut lebih besar dari 0,05 maka data tersebut dinyatakan normal. Untuk uji korelasi (r) sebesar 0,607 yang berada dalam kategori tinggi sedangkan untuk pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS III SMA Negeri 1 Kajuara.
Kata Kunci:Kedisiplinan Guru dan Motivasi Belajar Siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 997 times | PDF view : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.