PERSEPSI KELUARGA PETANI MENGENAI PENDIDIKAN DI DESA LALABATA RIAJA KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Erlin Musrah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2366

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi keluarga petani melihat pentingnya pendidikan bagi anak-anak dan juga untuk mengetahui kaitan antara persepsi orang tua dengan rendahnya motivasi anak terhadap pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Studi Kasus, yaitu metode untuk menghimpun dan menganalisis data berkenaan dengan suatu kasus. Informan penelitian adalah beberapa keluarga petani yang bermukim didesa Lalabata Riaja, dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah mereduksi data, kemudian mendisplay sehingga mudah dipahami kemudian menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi petani terhadap pentingnya pendidikan berbeda beda yaitu sebagian menilai bahwa pendidikan sangat penting untuk peningkatan taraf hidup seseorang sehingga mengupayakan pendidikan anaknya sampai kejenjang perguruan tinggi, sebaliknya sebagian lagi petani beranggapan bahwa pendidikan hanya sebagai sesuatu yang membuang waktu karena pendidikan dianggap cara untuk mendapatkan pekerjaan, padahal pekerjaan bisa didapat dengan cara ikut membantu orang tua bekerja, sebagian lagi petani kurang peduli terhadap pendidikan anak, dalam artian tidak melarang dan juga tidak mendorong anaknya untuk melanjutkan pendidikan karena mereka menganggap bahwa pendidikan tidak membawa pengaruh bagi masa depan anaknya.
Kata Kunci: Keluarga Petani Dan Pendidikan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1101 times | PDF view : 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.