PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA PGRI GALESONG
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2365
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMA PGRI Galesong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif korelasi yang terdiri dari dua variabel yaitu motivasi belajar (X) dan Prestasi belajar (Y). Adapun responden penelitian ini adalah siswa kelas X. penelitian ini penelitian populasi dengan jumlah Populasi dan sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistic deskriptif yaitu persentase dan analisis statistic inferensial yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Motivasi Belajar berada pada kategori “cukup baik” dengan rata-rata (Mean) 98,30 dengan standar deviasi 7,433. Sedangkan gambaran prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori “Cukup Tinggi” dengan rata-rata (Mean) sebesar 78,57 dengan standar deviasi 4,768. Dari hasil Uji Normalitas diperoleh nilai Sig. Variabel X sebesar 0,396>0,05 dan nilai Sig. Variabel Y sebesar 0,385>0,05 karena kedua variabel tersebut >0,05 maka dapat dinyatakan data tersebut normal. sedangkan hasil dari analisis regresi linier, nilai Sig. Variabel X yaitu 0,001<0,05 maka variabel X berpengaruh terhadap variabel Y dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,609 yang menunjukkan tingkat hubungan kedua variabel berada pada tingkat yang “Tinggi” sehingga dapat disimpulkan bahwa Motivasi Belajar Siswa berpengaruh Signifikan terhadap Prestasi Belajar Sosiologi siswa di SMA PGRI Galesong Kabupaten Takalar .
Kata Kunci: Motivasi dan Prestasi
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1588 times | PDF view : 265 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.