STUDI TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU SOSIOLOGI DI SMAN 1 GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR

Maharani Maharani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i1.2364

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sosial guru Sosiologi di SMAN 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan penarikan informan menggunakan purposive sampling dengan kriteria seluruh guru Sosiologi, guru mata pelajaran lain yang bersertifikat pendidik, kepala sekolah, siswa yang menjabat sebagai ketua kelas (kelas X-XI), tenaga kependidikan berstatus pegawai, orangtua atau wali peserta didik, dan tokoh masyarakat di sekitar lingkungan sekolah SMAN 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar. Informan sebanyak 28 orang dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi sosial guru Sosiologi di SMAN 1 Galesong Utara Kabupaten Takalar secara umum telah berjalan dengan baik, meski dalam beberapa aspek masih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut umumnya dipengaruhi oleh pribadi para guru Sosiologi yang belum mampu menerapkan sepenuhnya syarat-syarat kompetensi sosial guru.
Kata Kunci: Kompetensi Sosial Guru


Full Text:

Remote

Article Metrics

Abstract view : 114 times | Remote view : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.