RUANG KELAS SEBAGAI SUATU SISTEM DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS SMA NEGERI 22 MAKASSAR)

Andi Wayena Nurul Khatimah(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i2.2362

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Ruang kelas menjadi suatu sistem sosial bagi guru, siswa dan manajemen sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar (2) Pola komunikasi guru, siswa dan manajemen sekolah yang dikembangkan dalam menujang proses belajar mengajar dan (3) Ruang kelas menjadi iklim sosial bagi guru, siswa dan manajemen sekolah dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah mendeskripsikan hal-hal berdasarkan hasil pengumpulan data, berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ruang kelas sebagai sistem sosial tidak mampu berjalan dengan baik tanpa adanya partisipasi dari siswa dimana proses adaptasi yang mereka lakukan tidak berjalan dengan baik sehingga keadaan kelas terlihat canggung saat proses belajar berlangsung, serta metode guru yang kebanyakan ceramah membuat siswa tampak bosan mengikuti pelajaran. (2) Pola Komusikasi dalam mempengaruhi proses belajar tampak tidak sesuai karena banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran dengan bermain di dalam kelas sehingga hasil dari kontrak belajar guru dengan siswa tidak membuahkan hasil. Tetapi dari segi faktor fasilitas dari manajemen sekolah ruangan kelas mereka juga kurang memadai karna masih adanya bangku yang tidak layak pakai tapi masih saja tidak di ganti (3) Iklim sosial di SMA Negeri 22 masih iklim yang terbuka dimana yang menjadi patokan adalah guru yang menuntut siswa untuk mencapai prestasi. Namun masih ada kesempatan untuk siswa dalam mengemukakan pendapatnya.
Kata Kunci: Ruang Kelas dan Proses Belajar Mengajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2059 times | PDF view : 705 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.