PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Satnawati Satnawati(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i1.2351

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 21 laki-laki dan 13 perempuan pada tahun ajaran 2014/2015 semester genap pada mata pelajaran Sosiologi pokok bahasan kelompok sosial dan masyarakat multikultural. Pengumpulan data digunakan dengan tes tertulis, nontertulis, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil tes siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa 79,58 dengan nilai ketuntasan klasikal 76,47 persen, karena belum mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan sebesar 85 persen maka dilanjutkan pada siklus II. Pada hasil tes siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa 91,14 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100 persen. Dengan pencapaian ketuntasan belajar yang maksimal sehingga penelitian tindakan kelas ini sampai pada siklus II. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sosiologi dengan pokok bahasan kelompok sosial dan masyarakat multikultural pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 9 Makassar.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 480 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.