PERANAN ORANG TUA TUNGGAL (SINGLE PARENT) DALAM PENDIDIKAN MORAL ANAK (STUDI KASUS DELAPAN ORANG AYAH DI DESA SONGING KECAMATAN SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI)

Nur Isma(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v3i1.2345

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan orang tua tunggal (single parent) dalam pendidikan moral anak, dan Faktor menghambat pendidikan moral anak dalam keluarga single parent (Studi kasus delapan ayah di Desa Songing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria seseorang yang sudah menikah kemudian ditinggal salah satu pasangannya karena pasangannya meninggal dunia dan bercerai (Orang tua tunggal) dan memiliki anak yang usia 17- 21 tahun.. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tehnik pengabsahan data menggunakan member chek.
Hasi penelitian menunjukkan bahwa Menjadi single parent (Ayah) dan menjalankan peran ganda, bertindak sebagai ayah sekaligus sebagai ibu bukan hal yang mudah untuk dijalankan, apalagi dalam mengajarkan pendidikan moral kepada anak. Berbagai macam cara yang dilakukan oleh single parent dalam mengajarkan pendidikan moral kepada anak. Ada yang mengajarkan dengan cara menasehatinya, membiasakan untuk berkata jujur serta memberikan motivasi kepada anak. Dari kebiasaan itu kita dapat mengetahui bagaimana perkembangan moral anak ketika di didik oleh orang tua tunggal. Faktor penghambat ayah dalam memberikan pendidikan moral kepada anak yaitu factor eksternal dan internal. Faktor internal berasal dari dalam diri pribadi anak. Faktor penghambat berupa anak malas belajar, keinginan bermain yang berlebihan, sikap tidak mau di didik atau sikap melawan kepada orang tua. Faktor eksternal bersumber dari luar diri anak. Faktor penghambat itu berupa perilaku orang tua yang terlalu keras atau otoriter kepada anak, rendahnya pendidikan orang tua, terlalu banyak aturan dan permintaan, kesibukan, keterbatasan waktu, factor ekonomi dan hubungan yang kurang harmonis dengan anak.
Kata Kunci: Peranan orang tua tunggal dalam pendidikan moral anak


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6532 times | PDF view : 1612 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.