PENGARUH SISTEM KELAS TUNTAS BERKELANJUTAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 3 SUNGGUMINASA

Nurul Mentari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2329

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh sistem kelas tuntas berkelanjutan pada siswa di SMP Negeri 3 Sungguminasa. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 736 orang dengan jumlah sampel yaitu 74 orang yang di tentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket sistem kelas tuntas berkelanjutan dan motivasi belajar yang berjumlah 34 butir soal. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa sistem kelas tuntas berkelanjutan di SMP Negeri 3 Sungguminasa berada pada kategori baik sebesar 38%, motivasi belajar siswa berada pada kategori baik sebesar 61%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sistem kelas tuntas berkelanjutan dengan motivasi belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,559 dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,313 atau variansi motivasi belajar 31% dapat dijelaskan oleh variabel sistem kelas tuntas berkelanjutan.
Kata kunci : Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Motivasi Belajar siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.