FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 2 PANGKAJENE)

Jumirah .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2322

Abstract


Dilaksanakannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013 dalam mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Pangkajene dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Pangkajene. Hasil penelitian mengenai implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Pangkajene menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 yaitu pelatihan guru mengenai kurikulum 2013, penyediaan buku siswa dan buku pegangan guru, penguatan manajemen dan budaya sekolah serta peran pemerintah dalam pengawasan dan evaluasi. Sedangkan faktor-faktor penghambat implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 2 Pangkajene, yaitu minimnya sarana dan prasarana yang disediakan pihak sekolah, kurangnya pelatihan bagi guru mengenai kurikulum 2013, kurangnya perhatian orang tua siswa, kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran serta guru belum siap dan masih bingung dengan standar proses yang harus dipenuhi.
Kata kunci: Faktor, Implementasi, Kurikulum 2013, Sosiologi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 2405 times | PDF view : 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.