PERSEPSI GURU TENTANG PROGRAM SERTIFIKASI GURU DI SMP NEGERI 3 BINAMU KABUPATEN JENEPONTO

Irmawati .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2321

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru tentang program sertifikasi guru jalur portofolio dan untuk mengetahui persepsi guru tentang program sertifikasi guru jalur PLPG di SMP Negeri 3 Binamu Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penarikan informan dalam penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kriteria semua guru yang lulus sertifikasi, informan sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Sertifikasi portofolio bagi guru dalam jabatan sangat memotivasi, karena model ini menghargai masa kerja guru dan prestasi guru. Sertifikasi guru yang melalui jalur penilaian portofolio belum bisa meningkatkan profesionalitas guru SMP Negeri 3 Binamu, karena melalui penilaian portofolio ini belum menggambarkan penghargaan pada hasil proses belajar mengajar, seorang guru baru dinilai dari bukti fisik yang mayoritas diwujudkan dalam bentuk lembar-lembar piagam. 2) Persepsi guru terhadap pelaksanaan Program Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah sangat positif, dimana melalui PLPG ini guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya dan menjadi guru yang profesional sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkannya. Guru yang lulus sertifikasi melalui jalur portofolio belum tentu lebih baik dari mereka yang telah mengikuti PLPG. Mereka merasakan bahwa PLPG sangat membantu dalam kaitan pembelajaran di sekolah, baik dari segi keilmuan maupun teknik pembelajarannya.
Kata kunci : Persepsi Guru dan Sertifikasi Guru


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 41 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.