PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 TAKALAR KABUPATEN TAKALAR

Armiati .(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v2i1.2311

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAN 1 Takalar dan sampelnya 30% dari populasi yaitu sebesar 50 siswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu persentase dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji korelasi dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar dengan pencapaian nilai korelasi (r) sebesar 0,680 yang berada pada Kategori Kuat. Untuk uji normalitas, diperoleh data yang menunjukkan bahwa lingkungan sosial sebesar 0,080 dan motivasi belajar sebesar 0,241. Karena kedua variabel tersebut lebih besar dari 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sosial terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMAN 1 Takalar Kabupaten Takalar.
Kata kunci : Lingkungan Sosial dan Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1907 times | PDF view : 455 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.