Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Toweka Terhadap Keberadaan Perusahaan PT KSO Capital Kasagro

Andi Tenri Pada Agustang(1*), Ramdani Salam(2), Rifaldi M Pua(3),

(1) Universitas Khairun Ternate
(2) Universitas Khairun
(3) Universitas Khairun
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.22687

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keberadaan industri PT. KSO Capital Kasagro terhadap kondisi sosial ekonomi Desa Toweka sebelum dan sesudah berdirinya perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan spesifikasi penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, kuesioner dan wawancara langsung dengan pekerja sekitar yang digunakan untuk mengetahui Perubahan sosial ekonomi masyarakat di desa Toweka terhadap keberadaan perusahaan PT KSO Capital Kasagro.

     Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keberadaan PT. KSO Capital Kasagro sebagai industri tepung tapioka di Kecamatan Galela Utara memberikan dampak perubahan sosial ekonomi terhadap masyarakat di sekitar industri khususnya di Desa Toweka. Dampak sosial ekonomi yang terjadi yaitu:1) Perubahan mata pencaharian masyarakat di Desa Toweka dari sektor pertanian dan kelautan berubah kesektor industri; 2) Penyerapan tenaga kerja di Desa Toweka sebagai karyawan cukup rendah; 3) Pendapatan masyarakat di Desa Toweka yang bekerja sebagai karyawan mengalami peningkatan; dan 4) Kepemilikan kekayaan masyarakat di Desa Toweka mengalami penambahan berupa kepemilikan tanah, lahan kebun, motor, tv dan telepon genggam.


Keywords


Perubahan Sosial; Masyarakat; Industri

Full Text:

PDF

References


Amani, S.Z. 2015.Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Manufaktur Besar dan Sedang di Provinsi Jawa Timur tahun 2011-2015. Skripsi, Universitas Brawijaya, Malang.

Fauzi, T. 2018. Pengaruh Keberadaan Industri Tepung Tapioka terhadap Sosial dan Ekonomi Masyarakat (Studi Kasus di Desa Gaya Baru VII Kecamatan Seputih Kabupaten Lampung Tengah).Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro, Lampung.

Fatikawati, Y. N.,dan Muktikali, M. 2015. Pengaruh Keberadaan Industri Gula Blora Terhadap Perubahan Penggunaan Lahan, Sosial Ekonomi Dan Lingkungan Di Desa Tinapan Dan Desa Kedungwungu. Jurnal Teknik PWK. vol4: 345-360.

Helmi, S. 1996. Dampak Kawasan Industri terhadap Aspek Sosial Ekonomi Masyarakat (Kasus Desa Karang Asem Timur dan Sentul, Kec. Citeureup, Kab. Bogor). Skripsi, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Nawawi, I. 2015. Pengaruh Keberadaan Industri terhadap Kondisi Sosial Ekonomi dan Budaya Masyarakat (Stdi di Desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung).Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Ria, I. U. 2017. Pengaruh Keberadaan Industri Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Talaga Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang (Study Kasus PT.RINNAI). Skripsi, Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Sari, F. A., dan Sri Rahayu. 2014. Dampak Keberadaa Industri PT. Korindo Ariabima Sari di Kelurahan Mendawati Kabupaten Kotawarungin Barat. Jurnal Teknik PWK.vol (3): 106-116.

Siska.2013. Dampak Industri Batubara terhadap Sosial Ekonomi di Sekitar Desa JembayanKecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kertanegara.eJournal Administrasi Negara. vol1: 473-293.


Article Metrics

Abstract view : 785 times | PDF view : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.