Gaya Hidup Remaja Pekerja Seks Komersial

Armita Septiana Darwis(1*), Firdaus W Suhaeb(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.22677

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang membuat remaja menjadi PSK dan gaya hidup remaja yang bekerja sebagai PSK yang ada di kabupaten Pinrang. Jenis penelitian yaitu metode kualitatif  yang dilaksanakan di kecamatan watangsawitto kabupaten Pinrang. Data Primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder bersumber buku, jurnal dan instansi yang terlibat. Penelitian ini menemukan bahwa gaya hidup remaja PSK di Kabupaten Pinrang yaitu  mempunyai gaya hidup hedonisme dengan mengejar kesenangan dan kenikamatan dalam hidupnya seperti ingin terlihat menarik secara penampilan agar dapat mendapatkan pelanggan, Memiliki gaya hidup yang kebarat-baratan dalam tingkah laku dan berpakaian, imitasi gaya hidup dari media sosial baik dari berpakaian, liburan hingga cara bergaul. Adapun faktor yang melibatkan remaja menjadi PSK yaitu faktor pertemanan yang membuat remaja terjerumus dan mendapatkan penghasilan sendiri dengan melakukan hubungan intim dengan  lawan jenisnya, faktor ekonomi membuat remaja merasa kurang sehingga untuk memenuhi gaya hidupnya remaja melakukan hubungan intim dengan banyak laki-laki untuk mendapatkan penghasilan dan dari penghasilan itu mereka gunakan untuk memenuhi semua keinginannya, broken home remaja merasa tertekan dan ingin mencari pelampiasan dalam keluarganya yang tidak harmonis sehingga remaja ini melakukan hubungan intim untuk pelampiasan dan remaja merasa nyaman dengan pekerjaannya karena selain terlepas dari beban pikiran mereka juga mendapatkan penghasilan dan dari penghasilan itu mereka gunakan untuk memenuhi gaya hidupnya.

 


Keywords


Kesenangan; Gaya Hidup; Kepentingan Diri Sendiri

Full Text:

PDF

References


Bagong, S., & Narwoko, D. (2004). Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Media Group.

Destrianti, F., & Harnani, Y. (2018). Studi Kualitatif Pekerja Seks Komersial (PSK) Di Daerah Jondul Kota Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(2), 302–312.

Dwi, N., & Bagong, S. (2013). Sosiologi. Kencana, Bandung.

Fatimah, S. (2013). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswi Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Herningsih, H., Fatmawati, F., & Salim, I. (2015). Penyebab Terjadinya Perilaku Menyimpang “Ngelem” pada Siswa di SMPN 3 Subah Kabupaten Sambas. Tanjungpura University.

Islamiah, N. (2015). Dampak Negatif Budaya Asing Pada gaya Hidup Remaja Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kartono, K. (2010). Kenakalan remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kartono, K. (2014a). Patologi Sosial Jilid: I Cetakan ke 14. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Kartono, K. (2014b). Patologi sosial jilid 2: Kenakalan remaja. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahendra, I. T. (2017). Peran media sosial instagram dalam pembentukan kepribadian remaja usia 12-17 tahun di Kelurahan Kebalen Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. fitk.

Narwoko, J. (n.d.). Dwi dan Bagong Suyanto. 2004. Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan, 1.

Noviana, I. (2016). ANALISIS MARAKNYA ONLINE SHOP TERHADAP PERUBAHAN GAYA HIDUP KONSUMTIF WANITA (Studi Kasus Pada Remaja Wanita di Desa Pancur Mayong Jepara). STAIN kudus.

Nurjayanti, A. M., Syarifuddin, R. T. U., Awaru, A. O. T., & Equatora, M. A. (n.d.). Social Competence and Compensation for Employee Performance through Public Services in the Office of Women’s Empowerment, Child Protection, Population Control, and Family Planning.

Rosyida, E. I. (2013). Seks dan pariwisata: fenomena penginapan esek-esek Songgoriti. Paradigma, 1(2).

Santi, M. R., & Koagouw, F. (2015). Pola Komunikasi Anak-anak Delinkuen pada Keluarga Broken Home di Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4).

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 77.

Tarigan, D. I. M. (2015). Kajian Gaya Hidup Masyarakat di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang kota Manado. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 4(4).

Ulfiah, U. (2017). Prostitusi Remaja Putri dan Ketahanan Keluarga di Cianjur Jawa Barat.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2008). Metodologi penelitian sosial. Bumi Aksara.

Wali, S. W. (2019). Gaya Hidup Hedonis Remaja (Studi Deskriptif Di Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang).

Widyarini, M. M. N. (2013). Kunci pengembangan diri. Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 715 times | PDF view : 669 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.