PILIHAN RASIONAL MAHASISWA “KUPU-KUPU” (Studi Preferensi mahasiswa yang berorientasi pada “Kuliah Pulang-Kuliah Pulang” di FKIP UNS )

Fadhkur Nuur Muchlis(1*), Yosafat Hermawan Trinugraha(2), Yuhastina Yuhastina Yuhastina(3),

(1) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
(2) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
(3) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.21311

Abstract


Kehidupan sebagai mahasiswa di perguruan tinggi merupakan sesuatu yang unik dan beragam terkait dengan praktik budaya akademik yang mereka lakukan. Fenomena mahasiswa “kupu-kupu” (kuliah-pulang kuliah-pulang) seringkali bagi sebagian pihak mendapatkan pandangan yang kurang baik jika dibandingkan dengan mahasiswa yang aktif di berbagai kegiatan. Hal itulah yang melatarbelakngi penelitian ini terkait dengan pilihan rasional mahasiswa kupu-kupu. Peneliti ingin mengetahui bagaimana mahasiswa kupu-kupu menjalani kehidupan sehari-hari serta tujuan apa yang hendak mereka capai. Dengan berlandaskan pada teori pilihan rasional dari James Coleman, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (FKIP UNS).  Pemilihan informan menggunakan metode purposive sampling.  Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai alasan rasional/preferensi dari  mahasiswa “kupu-kupu”, antaralain tujuan terkait dengan pencapaian nilai/prestasi akademik, kondisi keluarga yang memaksa, kejelasan rencana setelah lulus kuliah, serta alasan individu lainnya.


Keywords


mahasiswa kupu-kupu; pilihan rasional, FKIP UNS

Full Text:

PDF PDF

References


Ackbar, A. 2020. How COVID-19 Has Altered The American College Student’s Everyday Life. The Owl–Florida State University's Undergraduate Research Journal, 11(1), 1-8.

Coleman, J., 2013. Dasar-Dasar Teori Sosial Foundation of Social Theory. Bandung: Nusa Media.

Gunawan,I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudri, A. 2020. Badai Politik Uang dalam Demokrasi Lokal. Malang: Inteligensia Media.

Irianto, S. (Ed.). 2012. Otonomi Perguruan Tinggi: Suatu Keniscayaan. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kemendikbud. 2012. Undang-Undang RI No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. [Online]. Tersedia di sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012_Full.pdf. Diakses 28 November 2020.

Latifah,I. 2019. Analisis Teori Pilihan Rasional James S. Coleman Terhadap Rasionalitas Orang Tua dalam Pengambilan Keputusan Jurusan Kuliah Anak di Universitas Sebelas Maret. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Masruroh, A. and Mudzakkir, M., 2013. Praktik Budaya Akademik Mahasiswa. Paradigma, 1(2).

Moleong, L., 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ritzer,G. and Goodman, D., 2012. Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana.

Rupa, MK., 2018. Alasan-Alasan Mahasiswa/I Tidak Ingin Terlibat Dalam Organisasi Kemahasiswaan Di Perguruan Tinggi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Takashiro, N. 2016. What are the relationships between college students’ goal orientations and learning strategies?. Psychological Thought, 9(2), 169-183.

UNS. 2020. Data Rekapitulasi Mahasiswa Aktif Fakultas KIP. [Online]. Tersedia di eis.uns.ac.id/akademik/mahasiswa/fakultas?f=0106&n=0. Diakses 31 Oktober 2020.

Videlitha,KF. 2019. Penerimaan Mahasiswa Terhadap Penggambaran Identitas Mahasiswa Pada Meme Di Akun Instagram @Anak.Kuliah. Universitas Airlangga Surabaya.

Yusuf, AM. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract view : 826 times | PDF view : 159 times PDF view : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.