Fenomena Perilaku Siswa Kurang Mampu Pada Saat Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi

Yon Julia Ruth Tyas Sari(1*),

(1) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v1i1.19817

Abstract


Abstrak

Terjadinya penyebaran pandemic covid-19 ini memnyebabkan adanya perubahan besar di banyak negara di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Perubahan yang sangat besar terjadi akibat pandemi ini dan terjadi dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari aspek ekonomi sampai pada aspek sosial budaya. Akibat pandemic ini mengharuskan kita untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Penghasilan bagi para pedangang juga ikut berkurang bahkan banyak yang di PHK atau terancam PHK. Karena hal ini, banyak orang tua yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan keluarga tidak terkecuali dalam hal pendidikan anak-anak mereka. Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana perilaku siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu pada saat pembelajaran online sedang diberlakukan di sekolah. Artikel ini menggunakan metode peneltian kualitatif dan teknik pengupulan data menggunakan studi literatur.


Keywords


Pandemi Covid-19; Keluarga; Kurang Mampu

Full Text:

PDF

References


Arianto, M. R. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Dan Motivasi Belajar Terhadap Perilaku Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Di SMK Masehi PSAK Ambarawa. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1–4.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14.

Hidayatullah, A., & Ahmad, M. R. S. (2017). Media Sosial Dan Keharmonisan Hubungan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Angkatan 2015 Fakultas Ilmu Sosial Universtas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 34–39.

Ni’mah, F. I. (2015). Manajemen pembelajaran jarak jauh (distance learning) pada homeschooling" Sekolah Dolan" di Kota Malang. SKRIPSI Jurusan Administrasi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.

Rahmawati, S. D. (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa Pjj S1 Pgsd Universitas Negeri Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Ratnasari, J., & Syahrudin, H. (2013). Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(5).

Riyani, E. (2011). Studi Kasus Tentang Anak yang Memiliki Perilaku Sosial Negatif di Sekolah pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri I Sedayu Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2008/2009.

Simanjuntak, S. Y., & Kismartini, K. (2020). Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 308–316.

Suyahman, S. (2016). Analisis Kebijakan Pendidikan Gratis Di Sekolah Menengah Atas Dalam Kaitannya Dengan Kualitas Pendidikan Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1047–1054.


Article Metrics

Abstract view : 853 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.