PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Ulfa Hafidjah Jahidin(1*), Supriadi Torro(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13891

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar. 2) Faktor Pendorong peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar. 3) Faktor penghambat peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria kepala SMP Negeri di Kota Makassar yang telah terdeklarasi sebagai sekolah ramah anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu kondensasi data, model data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar yaitu sebagai educator, manajer, administrator, supervisor, dan leader. 2) Faktor pendorong peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar yaitu adanya motivasi atau kesadaran dari diri warga sekolah untuk mewujudkan program sekolah ramah anak dan program sekolah ramah anak yang merupakan program lanjutan dari program sebelumnya yang sudah berjalan di sekolah. 3) Faktor penghambat peran kepala sekolah terhadap sekolah ramah anak di SMP Negeri di Kota Makassar yaitu kepala sekolah yang merangkap sebagai ketua untuk berbagai kegiatan di luar dan di dalam sekolah dan alokasi dana yang kurang memadai.


Keywords


Peran; Kepala Sekolah; Sekolah; Ramah Anak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 397 times | PDF view : 139 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.