PERBANDINGAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI YANG DIAJAR OLEH LULUSAN SOSIOLOGI DAN BUKAN LULUSAN SOSIOLOGI DI KABUPATEN MAMASA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13357
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Gambaran pengajaran guru sosiologi yang diajar oleh guru lulusan sosiologi dan bukan lulusan sosiologi, 2) Perbedaan pemahaman siswa pada mata pelajaran sosiologi yang diajar oleh lulusan sosiologi dan bukan lulusan sosiologi di Kabupaten Mamasa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat perbedaan dalam pengajaran sosiologi yang diajar oleh lulusan sosiologi dan bukan lulusan sosiologi di Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian yang penulis gunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah komparatif-kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian adalah lima sekolah negeri di Kabupaten Mamasa dengan total populasi sebanyak 652 orang dan mengambil sampel sebanyak 20% dari total populasi, sehingga total sampel sebanyak 130 orang. Teknik pengolaan data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Cara mengajar guru lulusan non-sosiologi lebih baik dibandingkan guru lulusan sosiologi. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan persentase angket guru lulusan sosiologi sebesar 82,10% dan guru lulusan sosiologi sebesar 83,48% sehingga, pencapaian persentase guru lulusan non-sosiologi unggul 1,38% dibandingkan guru lulusan sosiologi. Namun secara umum, guru pengajar mata pelajaran sosiologi di Kabaputen Mamasa memiliki cara mengajar yang sangat baik pada bidang pedagogic, kepribadian, profesi, sosial dan beberapa topik lainnya karena lebih dari 25% responden mendapatkan poin 4 dan poin 3 pada setiap indikatornya. 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengajaran sosiologi yang diajar oleh guru lulusan sosiologi dan guru yang bukan lulusan sosiologi di Kabupaten Mamasa karena hasil perhitungan yang diperoleh melalui aplikasi SPSS menunjukkan bahwa nilai p-value 0,447> 0,05 dan 0,449> 0,05 dengan kata lain H0 dalam penelitanini diterima sedangkan H1 ditolak
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 137 times | PDF view : 688 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.