GAYA HIDUP SHOPAHOLIC (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR)

Andi Sahreza Nugrawan Ruzadi(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13350

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Perilaku sosial mahasiswa yang mempunyai gaya hidup shopaholic di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. 2) Jenis shopaholic yang mendominasi gaya hidup mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling dengan informan berjumlah 8 orang. Adapun kriteria informan yaitu berstatus sebagai mahasiswa FIS UNM angkatan 2015-2018, mahasiswa yang meluangkan waktu dua kali dalam sebulan untuk berbelanja pakaian dan menghabiskan uangnya untuk berbelanja pakaian minimal Rp 500.000 per bulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Perilaku sosial mahasiswa yang mempunyai gaya hidup shopaholic di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar yaitu cenderung merupakan mahasiswa yang hanya memilih sebagai mahasiswa biasa yang kegiatan pokoknya hanya berkuliah saja dan cenderung merasa akrab dengan lingkungan yang mempunyai hobi yang sama. 2) Jenis shopaholic yang mendominasi dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar adalah shopaholic pemburu image, kompulsif dan diskonan.


Keywords


Gaya Hidup; Shopaholic

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 355 times | PDF view : 160 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.