IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI KITAB SUCI SEBAGAI PENUNJANG PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA NEGERI 11 ENREKANG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13344
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Faktor pendukung dan penghambat implementasi program literasi kitab suci sebagai penunjang pendidikan karakter di SMA Negeri 11 Enrekang. 2) Dampak implementasi program literasi kitab suci terhadap peserta didik di SMA Negeri 11 Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria siswa kelas XI yang telah mengikuti program literasi kitab suci minimal 6 bulan, guru pendamping program literasi kitab suci, ketua komite, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor pendukung implementasi program literasi kitab suci sebagai penunjang pendidikan karakter adalah adanya kerjasama antara guru-guru dalam mendampingi pelaksanaan literasi kitab suci, keaktifan pengurus OSIS, kesadaran peserta didik membawa Al-Quran dan dukungan orangtua peserta didik, sedangkan faktor penghambatnya adalah peserta didik yang tidak membawa Al-Qu’ran dan tempat terbatas dan kurangnya Al-Qur’an. 2) Dampak implementasi program literasi kitab suci terhadap peserta didik di SMA Negeri 11 Enrekang adalah perilaku keagamaan peserta didik membaik dan pelanggaran tata tertib berkurang.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 135 times | PDF view : 31 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.