KEPATUHAN PESERTA DIDIK DALAM MELAKSANAKAN TATA TERTIB DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR

Saul Saul(1*), Zainal Arifin(2), Zainal Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13245

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan tata tertib dalam meningkatkan kepatuhan peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar, 2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tata tertib dalam meningkatkan kepatuhan peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu pimpinan sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data  yaitu member check Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan tata tertib dalam meningkatkan kepatuhan di SMA Negeri 1 Makassar, yaitu: (a) Sosialisasi tata tertib, (b) Inspeksi mendadak atau razia, (c) Pengawasan via cctv, (d) Pengendalian represif, (e) pendekatan persuasif,sedangkan 2) Faktoryang mempengaruhi pelaksanaan tata tertib dalam meningkatkan kepatuhan peserta didik di SMA Negeri 1 Makassar yaitu (a) faktor pendorong meliputi peran aktif dan sinergitas pihak sekolah, teknologi yang maju (kamera pengawas atau CCTV), dan kesadaran siswa, sedangkan (b) Faktor penghambat meliputi pengaruh dari luar (style) dan adanya Pengaruh dari siswa pindahan (Siswa yang memang sering melanggar).


Keywords


Kepatuhan; Peserta Didik; Tata Tertib

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.