PERBEDAAN MAHASISWA PENERIMA BIDIK MISI DAN NON BIDIK MISI TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI)
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13240
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa penerima bidik misi dan non bidik misi, dan 2) Faktor yang menyebabkan perbedaan prestasi pelajar mahasiswa penerima bidik misi dan non bidik misi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 16 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria mahasiswa pendidikan sosiologi angkatan 2015 dan 2016. penerima beasiswa bidik misi dan non bidik misi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perbedaan prestasi belajar mahasiswa penerima bidik misi dan non bidik misi, yaitu IPK mahasiswa bidik misi lebih baik di bandingkan IPK mahasiswa non bidik misi lebih aktif dalam perkuliahan dan pengerjaan tugas, (2) Faktor yang menyebabkan perbedaan prestasi belajar mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dan non bidikmisi yaitu faktor dari dalam meliputi minat, motivasi dan intelegensi sedangkan faktor dari luar meliputi lingkungan tempat tinggal, keluarga dan pergaulan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1183 times | PDF view : 82 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.