PERILAKU KONSUMEN ONLINE SHOP DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNM
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13213
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Alasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM memilih online shop. 2) Perilaku konsumen online shop di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu mahasiwa Fakultas Ekonomi, angkatan 2017, pengeluaran antara Rp. 100.000-Rp. 500.000/bulan. Jumlah informan sebanyak 11 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Alasan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM memilih online shop yaitu lebih efisien, lebih efektif dan mengikuti tren. 2) Perilaku konsumen online shop di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi UNM ada dua jenis yaitu perilaku rasional dan perilaku irasional. Dari dua jenis perilaku tersebut perilaku irasional lebih dominan dibandingkan perilaku rasional karena sebagian mahasiswa lebih mementingkan keinginannya dalam membeli suatu barang daripada kebutuhannya.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 161 times | PDF view : 72 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.