PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 9 SINJAI

Yusfika Wardani(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12918

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 9 Sinjai. Hambatan yang dialami oleh guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran di SMA Negeri 9 Sinjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan jumlah informan sebanyak 13 orang. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendekatan saintifik berjalan dengan baik tinggal bagaimana siswa mampu menghidupkan suasana belajar di dalam kelas dimana penilaian aspek sikap terbagi menjadi empat penilaian, seperti obervasi, penilaian diri sendiri, penilaian antar teman dan jurnal catatan guru 2) Hambatan yang dialami ketika menerapkan pendekatan saintifik tinggal bagaimana menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan baik kepada siswa maupun kepada gurunya agar penerapan saintifik ini berjalan dengan baik. Untuk penilaian aspek keterampilan, guru juga belum terlihat melakukan penilaian. Dan yang terakhir untuk penilaian aspek pengetahuan, guru terlihat sudah melakukan penilaian pada aspek pengetahuan dengan menilai hasil diskusi dan pekerjaan individu (evaluasi).

 


Keywords


Pendekatan Saintifik; Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.