PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ASLI LUWU TIMUR DAN TRANSMIGRAN DI SMA NEGERI 4 LUWU TIMUR

Evi Susanti(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12841

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan motivasi belajar siswa asli luwu timur dan transmigran, (2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa asli luwu timur dan transmigran. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 12 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria siswa asli Luwu Timur dan siswa transmigran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) perbedaan motivasi belajar siswa asli Luwu Timur dan transmigran lebih terlihat pada siswa transmigran hal ini dikarenakan adanya perbedaan hasrat serta keinginan untuk berhasil, adanya dorongan kebutuhan belajar yang berbeda, serta perbedaan cita-cita yang dimiliki, kemudian adanya penghargaan dalam belajar. 2) faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa asli Luwu Timur dan transmigran terdiri dari dua faktor yaitu faktor internal terdiri dari kemampuan siswa, dan cita-cita. Yang kedua yaitu faktor eksternal, terdiri dari keluarga dan kondisi lingkungan siswa.

 


Keywords


Motivasi Belajar; Transmigran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 80 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.