UPAYA GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMAS MUHAMMADIYAH BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12832
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAS Muhammadiyah Benteng. 2) Hambatan yang dilalui guru dalam upaya mengatasi kenakalan siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu guru bersertifikat pendidik, siswa kelas XI IPS 1 yang merupakan pindahan dari sekolah lain, dan siswa kelas XII IPS 2 yang pernah melakukan pelanggaran. Jumlah informan sebanyak 10 guru dan 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianaslisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah; a) Upaya yang bersifat preventif meliputi, pola bimbingan kelompok yang bersifat islami, sosialisasi rutin dan kegiatan ekstrakurikuler. b) Upaya yang bersifat regresif meliputi, pemberian hukuman atau sanksi. c) Upaya yang bersifat kuratif meliputi, pola bimbingan individu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling 2) Hambatan yang dilalui guru dalam upaya mengatasi kenakalan siswa adalah a) Kurangnya tenaga pendidik/guru laki-laki b) Kurangnya kerjasama orangtua siswa.
Keywords
Upaya Guru, Kenakalan Siswa
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 591 times | PDF view : 102 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.