UPAYA GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMAS MUHAMMADIYAH BENTENG KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

Andi Octamaya Tenri(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12832

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa di SMAS Muhammadiyah Benteng. 2) Hambatan yang dilalui guru dalam upaya mengatasi kenakalan siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu guru bersertifikat pendidik, siswa kelas XI IPS 1 yang merupakan pindahan dari sekolah lain, dan siswa kelas XII IPS 2 yang pernah melakukan pelanggaran. Jumlah informan sebanyak 10 guru dan 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianaslisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Upaya guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah; a) Upaya yang bersifat preventif meliputi, pola bimbingan kelompok yang bersifat islami, sosialisasi rutin dan kegiatan ekstrakurikuler. b) Upaya yang bersifat regresif meliputi, pemberian hukuman atau sanksi. c) Upaya yang bersifat kuratif meliputi, pola bimbingan individu yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling 2) Hambatan yang dilalui guru dalam upaya mengatasi kenakalan siswa adalah a) Kurangnya tenaga pendidik/guru laki-laki b) Kurangnya kerjasama orangtua siswa.

Keywords


Upaya Guru, Kenakalan Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 591 times | PDF view : 102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.