PERANAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 17 MAKASSAR

Sutrisno Sutrisno(1*), Andi Agustang(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12387

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peranan pengawas sekolah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar, dan 2) kendala-kendala pengawas sekolah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 17 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria pengawas sekolah, guru-guru IPS, serta kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan member check.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peranan pengawas sekolah dalam pelaksanaan kurikulum 2013 baik pengawasan akademik dan pengawasan manajerial mulai dari membina, memantau, menilai, dan membimbing dan melatih profesional guru dan kepala sekolah telah dilaksanakan dengan baik dan benar serta efektif oleh pengawas sekolah SMA Negeri 17 Makassar dan mengikuti rambu-rambu kurikulum 2013, dan 2) kendala-kendala yang dialami pengawas dalam melaksanakan tugasnya baik dari dalam maupun dari luar sekolah dan kendala waktu yang bersamaan serta kendala menghadapi berbagai macam karakter, sikap, dan kemampuan guru yang berbeda-beda.


Keywords


Pengawas sekolah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.