PENGGUNAAN SMARTPHONE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 4 WAJO)

Ramlah Ramlah(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12245

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pemanfaatan penggunaan smartphone dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 4 Wajo, 2) Dampak penggunaan smartphone dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 4 Wajo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu 1) Kepala sekolah SMA Negeri 4 Wajo, 2) Guru mata pelajaran yang memperbolehkan siswa menggunakan smartphone dalam proses belajar mengajar, 3) Guru BK, 4) Siswa-siswi kelas XII, XI, dan X. Jumlah informan sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan  deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan penggunaan smartphone dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 4 Wajo yaitu: a) Sebagai sumber belajar, b) Sebagai media pembelajaran seperti : penggunaan aplikasi quipper school dan penggunaan aplikasi google classroom. 2) Dampak positif penggunaan smartphone dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 4 Wajo yaitu: a) Peserta didik lebih mudah mendapatkan informasi-informasi yang terangkum dalam bentuk e-book, b) Peserta didik lebih awal untuk mengetahui materi pembelajaran, c) Peserta didik dibiasakan untuk berhadapan langsung serta memanfaatkan IT, d) Peserta didik bisa belajar mandiri, e) Guru memiliki variasi dalam mengajar, f) Memudahkan guru dalam pemeriksaan tugas. Sedangkan dampak negatif penggunaan smartphone dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 4 Wajo yaitu: a) Konsentrasi terbagi selain belajar peserta didik kadang membuka sosial media seperti membuka aplikasi whatsapp dan bbm, b) Bersua foto dan selvi ketika tidak dilihat oleh guru, c) Peserta didik menjadi malas untuk membaca buku, d) Peserta didik bermain game online di dalam kelas.


Keywords


SmartPhone; Proses belajar mengajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 336 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.