Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Artikulasi

Idar Wahyuni Amnan(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12231

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana penerapan sistem poin dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Makale, 2) Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penerapan sistem poin. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik dalam menentukan informan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu wakasek bidang kesiswaan, guru BK, guru mata pelajaran atau wali kelas dan siswa di SMA Negeri 1 Makale . Jumlah informan sebanyak 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) kebijakan penerapan sistem poin di SMA Negeri 1 Makale berjalan cukup efektif. Sistem poin ini dikenalkan pada siswa pada saat Masa Orientasi Siswa (MOS) berlangsung dan orangtua diberikan lembaran foto copy tata tertib sekolah yang kemudian akan mereka tanda tangani sebagai bentuk persetujuan mereka. Dengan adanya sistem poin tersebut diharapkan para siswa dapat mengendalikan diri mereka dalam bertingkah laku, baik di dalam maupun di luar sekolah. 2) Faktor pendukung yaitu: a) dari diri sendiri yang memiliki kesadaran dan motivasi, b) dukungan dari orangtua. Faktor penghambat yaitu: a) dari diri sendiri yang cenderung susah untuk diatur, b) pergaulan siswa.


Keywords


Kedisiplinan; Sistem Poin

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.