PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 MAKASSAR

Erawati Erawati(1*), Chamsiah Ishak(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12226

Abstract


       Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 12 Makassar, untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS dengan jumlah populasi  sebanyak 140 siswa yang terdiri dari empat kelas kemudian ditarik sampel sebanyak 58 siswa (rambom sampeling). Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi,  Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial untuk pengujian. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan program aplikasi SPSS 20.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Makassar dengan pencapaian nilai kolerasi ( r ) sebesar 0,684 hal ini berarti lingkungan sekolah mempunyai hubungan yang kuat terhadap motivasi belajar siswa dengan koefesien determinasi atau R-square (  sebesar 0,468 atau 46,8% yang berarti pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa sebesar 46,8% dan sisanya 53,2% yang dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 


Keywords


Motivasi; Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.