PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA

Wildahayu Wildahayu(1*), Chamsiah Ishak(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univrrsitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12219

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural  siswa kelas XI IIS 5 SMA Negeri 9 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu, perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah  kelas XI IIS 5 sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil tes siklus I rata-rata nilai yang di peroleh siswa 69,05% dengan nilai ketuntasan hasil 54,2%, karena belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang di tetapkan sebesar 85% maka di lanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata nilai yang di peroleh siswa 90 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%. Oleh karena itu dapat  di katakan bahwa H1 diterima yaitu jika menggunakan model pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran sosiologi, pada pokok bahasan kelompok sosial maka hasil belajar siswa kelas XI IIS 5 SMA Negeri 9 Bulukumba meningkat.  

 


Keywords


Model Cooperative Script: Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 90 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.