PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMA NEGERI 9 BULUKUMBA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Univrrsitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12219
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan Hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural siswa kelas XI IIS 5 SMA Negeri 9 Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu, perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah kelas XI IIS 5 sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil tes siklus I rata-rata nilai yang di peroleh siswa 69,05% dengan nilai ketuntasan hasil 54,2%, karena belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang di tetapkan sebesar 85% maka di lanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata nilai yang di peroleh siswa 90 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%. Oleh karena itu dapat di katakan bahwa H1 diterima yaitu jika menggunakan model pembelajaran cooperative script dalam proses pembelajaran sosiologi, pada pokok bahasan kelompok sosial maka hasil belajar siswa kelas XI IIS 5 SMA Negeri 9 Bulukumba meningkat.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 90 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.