PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI SMAN 18 MAKASASAR

Soesanto Soesanto(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12217

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan Pembentukan kelompok sosial  siswa kelas XI IS 1 SMAN 18 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu, perencanan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IS 1 sebanyak 33 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 18 perempuan, pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap mata pelajaran sosiologi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar, ,observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui teknik presentase hasil belajar siswa sebagai salah satu indikator untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, tes siklus I rata-rata nilai yang di peroleh siswa 77,79% dengan nilai ketuntasan hasil 65%, karena belum mencapai ketuntasan hasil belajar yang di tetapkan sebesar 85% maka di lanjutkan pada siklus II. Hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata nilai yang di peroleh siswa 87,76 dengan nilai ketuntasan klasikal mencapai 100%. Oleh karena itu dapat  di katakan bahwa H1 diterima yaitu jika menggunakan model pembelajaran word square dalam proses pembelajaran sosiologi, pada pokok bahasan berbagai bentuk dan jenis kelompok sosial, dan karekteristik khusus atau partikularisme dan ekslusivisme, maka hasil belajar siswa kelas XI IS 1 SMAN 18 Makassar meningkat.


Keywords


Model Pembelajaran Word Square; Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.