STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Nurlailah Nurlailah(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12210

Abstract


   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter pada siswa di SMA Negeri 1 Bissappu dan 2) Faktor penghambat guru dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Bissappu. Penelitian ini dilakukan pada delapan (8) informan dengan kriteria yaitu guru yang mengajar pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 1 Bissappu yang telah berstatus PNS selama minimal 2 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan situasi tertentu berdasarkan permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam membentuk karakter pada siswa di SMA Negeri 1 Bissappu yaitu dengan menggunakan metode kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, dan kegiatan ekstrakurikuler. Karakter yang dimunculkan dalam beberapa strategi tersebut ialah karakter religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 2) Faktor penghambat guru dalam membentuk karakter siswa terdiri atas dua, yaitu (a) faktor internalnya yakni kurangnya kemauan dan kesadaran siswa akan pentingnya karakter tersebut (b) faktor eksternalnya yakni pendidikan dan lingkungan.


Keywords


Strategi Guru; Karakter Siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 807 times | PDF view : 373 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.