STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMA NEGERI 1 BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12210
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter pada siswa di SMA Negeri 1 Bissappu dan 2) Faktor penghambat guru dalam membentuk karakter siswa di SMA Negeri 1 Bissappu. Penelitian ini dilakukan pada delapan (8) informan dengan kriteria yaitu guru yang mengajar pada jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMA Negeri 1 Bissappu yang telah berstatus PNS selama minimal 2 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan situasi tertentu berdasarkan permasalahan yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dengan menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam membentuk karakter pada siswa di SMA Negeri 1 Bissappu yaitu dengan menggunakan metode kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah dan pusat kegiatan belajar, dan kegiatan ekstrakurikuler. Karakter yang dimunculkan dalam beberapa strategi tersebut ialah karakter religius, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokrasi, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 2) Faktor penghambat guru dalam membentuk karakter siswa terdiri atas dua, yaitu (a) faktor internalnya yakni kurangnya kemauan dan kesadaran siswa akan pentingnya karakter tersebut (b) faktor eksternalnya yakni pendidikan dan lingkungan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 807 times | PDF view : 373 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.