HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR MANDIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 1 SELAYAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12206
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi siswa SMAN 1 Selayar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 285 siswa kemudian ditarik sampel sebanyak 57 siswa. Populasi yang terjangkau adalah siswa XI dan XII IPS dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil perhitungan koefisien korelasi antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi diperoleh koefisien korelasi sederhana (rhitung) 0,796. Berdasarkan pengujian signifikansi koefisien korelasi antara pasangan skor kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi adalah signifikan. selain itu berdasarkan regresi sederhana nilai signifikannya yaitu 0,01< 0,05 artinya dapat dikatakan bahwa ada hubungan yang nyata atau signifikan antara kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar sosiologi. Besarnya pengaruh kebiasaan belajar mandiri dengan hasil belajar yaitu 63%, Sedangkan sisanya ditentukan oleh faktor lain seperti motivasi, sarana dan prasarana, disiplin,lingkungan sekolah, keluarga, lingkungan masyarakat, guru, dan lainnya. Oleh karena itu maka dapat dikatakan Ho ditolak dan Hi diterima, yang berarti ada hubungan yang nyata (signifikan) antara kebiasaan belajar mandiri (X) dengan hasil belajar (Y).
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 143 times | PDF view : 11 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.