STRATEGI KELUARGA PETANI DALAM MELANJUTKAN PENDIDIKAN ANAK KE PERGURUAN TINGGI I DESA PEBALORAN KECAMATAN CURIO KABUPATEN ENREKANG

Hernita Ansar(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12199

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang di lakukan keluarga petani dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi dan motivasi keluarga petani dalam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi di desa pebaloran kecamatan curio kabupaten enrekang. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 10 keluarga yang di tentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria orangtua yang melanjutkan pendidikan anaknya ke perguruan tinggi minimal 2 orang anak, dan orangtua sebagai petani minimal 10 tahun. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik Member Check. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan orangtua dalam menyekolahkan anaknya sampai ke perguruan tinggi yaitu (strategi aktif) dengan cara mencari pekerjaan sampingan seperti: berdagang, menjadi tukang ojek/sopir dan menjadi pekerja bengkel (strategi pasif) memanfaatkan sekitar rumah (strategi jaringan) meminjam uang di anggota keluarga atau kepada sanak saudara dan memanfaatkan bantuan pemerintah dan motivasi yang di lakukan oleh para orangtua petani alam melanjutkan pendidikan anak ke perguruan tinggi yaitu memberikan dorongan dan arahan serta tak henti-hentinya untuk selalu memberi  support pada anak agar lebih bersemangat dalam melanjutkan pendidikannya sampai ke perguruan tinggi.


Keywords


Strateg; Keluarga Petani; Pendidikan Anak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 479 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.