PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MTS DDI CILELLANG KABUPATEN BARRU

Hasnia hasnia(1*), Chamsiah Said Ishak(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12197

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peran sekolah dalam membentuk karakter siswa di MTs DDi Cilellang Kabupaten Barru. (2) Untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh sekolah dalam membentuk karakter siswa di MTs DDi Cilellang Kabupaten Barru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif tipe deskriptif dengan tekhnik purposive sampling. Informan dalam penelitian ini sebanyak 13 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, 4 guru MTs DDi Ciellang dan 4 orang siswa siswi dan 3 orang tua siswa MTs DDi Cilellang , Tehknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, tehknik pengabsahan data menggunakan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran sekolah dalam membentuk karakter siswa (a) Sebagai pembina ahklaq (b) Sebagai wadah bagi anak untuk menemukan bakat (c) Sebagai tempat untuk belajar lebih menghargai (d) Sebagai tempat yang mengajarkan persahabatan (2) Kendala yang dihadapi dalam membentuk karakter siswa adalah (a) Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai (b) Tidak adanya kerjasama orang tua siswa dan guru (c) Kenakalan siswa


Keywords


Sekolah; Karakter

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.