PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 16 MAKASSAR

Andi Akbar(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12127

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa di kelas X SMA Negeri 16 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS yakni X IIS 1, X IIS2, X IIS 3 dan X IIS 4 SMA Negeri 16 Makassar yang berjumlah 144 orang dengan penentuan sampel mengunakan tehnik simple random sampling yakni 25% dari jumlah populasi yaitu 36 orang. Pengumpulan data yang digunakan angket/kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 20.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa game online berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa yang ditujukan dari koefisien korelasi sebesar 0,491, signifikan di uji melalui thitung sebesar 3.289 yang lebih besar dari ttabel sebesar 0,339. Nilai R2 ( R Square) sebesar 0,241 menjelaskan bahwa pengaruh variabel game online terhadap motivasi belajar siswa sebesar 24,1% sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti.


Keywords


Game online; motivasi belajar siswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 6683 times | PDF view : 970 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.