PERSEPSI SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMAN 9 MAKASSAR

Agussalim Agussalim(1*), M. Ridwan Said Ahmad(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12125

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap implementasi kurikulum 2013 di SMAN 9 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 15 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria  Siswa SMAN 9 Makassar yang merasakan implementasi kurikulum 2013, Siswa kelas XI SMAN 9 Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SMAN 9 Makassar telah berjalan sebagaimana mestinya. Dilihat dari proses pembelajaran, pengalaman belajar dan kondisi belajar. Dalam proses pembelajaran guru telah mengacu pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Kemudian dalam pengalaman belajar siswa merasakan model pembelajaran yang bervariasi yang berdampak pada tumbuhnya semangat belajar siswa, rasa ingin tahu siswa, membuat siswa tidak merasa bosan dalam menerima materi pembelajaran, dan siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya, selain itu bertambahnya waktu belajar siswa serta adanya mata pelajaran peminatan. Kondisi belajar siswa di pengaruhi oleh waktu belajar, fasilitas, dan keterampilan guru.


Keywords


Persepsi; Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 231 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.