PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEMESTER II SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Wihdaniah Wihdaniah(1*), A. Octamaya Tenri Awaru(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12124

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, Apakah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat Meningkatkan  Hasil Belajar Sosiologi Semester II Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 11 Makassar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi semester II siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 11 Makassar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pelaksanaan tindakan dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri  11 Makassar sebanyak 32 peserta didik yang terdiri dari 20 laki-laki dan 12 perempuan, tahun ajaran 2016/2017 semester genap mata pelajaran Sosiologi pokok bahasan Masyarakat Multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,10, sedangkan nilai persentase ketuntasan 43,75%. Namun setelah dilakukan perbaikan di siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 81,06 sedangkan nilai persentase ketuntasan hasil belajar sudah mencapai 81,25%, sesuai dengan kriteria ketuntasan hasil belajar sosiologi yang ditetapkan di SMA Negeri 11 Makassar yaitu 75 secara individu dan 75% secara klasikal dari jumlah keseluruhan peserta didik. jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi semester II peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 11 Makassar. Berdasarkan hasil tersebut maka, hipotesis tindakan pada penelitian ini diterima.


Keywords


Model Pembelajaran; Tipe Make A Match; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.