PERANAN GURU DALAM PEMBINAAN MORAL SISWA DI SMA NEGERI 7 KABUPATEN PINRANG

Recsa Indra(1*), Muhammad Syukur(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12113

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peranan guru dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. 2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. 3) Penerimaan siswa terhadap nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh guru di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria guru yang khusus menangani siswa yang melakukan pelanggaran moral yaitu kepala sekolah, guru BK, guru pendidikan agama islam, guru PPKN, guru sosiologi dan siswa yang melakukan pelanggaran moral di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan teknik member check.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peranan guru dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang adalah dengan pembiasaan, keteladanan, teguran, mengintegrasikan nilai-nilai moral dalam proses belajar mengajar dan melakukan pengawasan terhadap siswa 2) Faktor pendukung dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang adalah sarana dan prasarana sekolah, memuji siswa dan pemberian sanksi. Faktor penghambat dalam pembinaan moral siswa di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang adalah pengaruh dari lingkungan yang tidak baik, dampak kemajuan teknologi yang semakin tidak terkontrol, tingkat intelegensi siswa, kurangnya kedisiplinan siswa, dan komunikasi dengan orang tua siswa kurang maksimal. 3) Penerimaan siswa terhadap nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh guru di SMA Negeri 7 Kabupaten Pinrang adalah siswa masih belum maksimal dalam mengaplikasikan nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh guru karena ada dua faktor yaitu kurangnya kesadaran siswa terhadap nilai-nilai moral yang ditanamkan oleh guru dan pengaruh teman sebaya.


Keywords


Peranan Guru; Pembinaan Moral

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 262 times | PDF view : 54 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.