PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12109
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungguminasa dan sampelnya juga seluruh siswa yaitu sebanyak 70 responden. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu distribusi frekuensi dan persentase. Selain itu, juga menggunakan analisis statistik inferensial yaitu uji korelasi product moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungguminasa dengan pencapaian nilai korelasi (r) sebesar 0,421 atau 42,1% dan nilai sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan adanya arah hubungan yang positif dan signifikan. Jadi 42,1% variabel kebiasaan membaca akan mempengaruhi hasil belajar sebesar 57,9%. Ini berarti bahwa korelasi yang terjadi antara kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa adalah hubungan yang berbanding lurus yaitu semakin sering kebiasaan membaca siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajarnya. Untuk hasil analisis uji t di peroleh nilai > ( 3,830 > 1,687) sehingga di tolak dan diterima sehingga ada pengaruh positif dan signifikan kebiasaan membaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sungguminasa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 166 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.