PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI SEMESTER II SISWA KELAS XI IIS 2 SMAN 3 MAROS

Misriah Madjid(1*), Zainal Arifin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.12107

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran sosiologi semester II siswa kelas XI IIS 2 SMAN 3 Maros. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS 2 SMAN 3 Maros seba nyak 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 perempuan, tahun ajaran 2016/2017 semester genap pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan integrasi dan reintegrasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pekasanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh peneliti diolah dengan menggunakan analisis  kuantitatif deskriptif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi pokok bahasan integrasi dan reintegrasi pada siswa kelas XI IIS 2 SMAN 3 Maros melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan adalah 46,10 sedangkan nilai presentasi ketuntasannya 7%. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar siswa menjadi 77,87 sedangkan nilai presentasi ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 77%, namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 86,50, atau 97%. Jadi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran sosiologi pokok bahasan integrasi dan reintegrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 SMAN 3 Maros. Berdasarkan hasil tersebut maka, hipotesis tindakan pada penelitian ini yaitu Jika model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation diterapkan dalam mata pelajaran sosiologi semester II, maka hasil belajar siswa kelas XI IIS 2 SMAN 3 Maros akan meningkat, dinyatakan diterima.

 


Keywords


Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Group Investigation

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.